Resep Martabak Mini Yang Simpel dan Mudah Dibuat

Martabak mini enak adalah salah satu jajanan pasar yang banyak di buru para ibu yang sedang belanja sayuran di pasar. Biasanya mereka membeli martabak mini sebagai cemilan di rumah baik untuk anak-anak ataupun sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Martabak adalah sebuah makanan yang di buat dengan bentuk yang bundar dan lebar. Dengan ketebalan yang pas, martabak ini terbagi menjadi dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak asin. Anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah karena penjual martabak sudah bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai tempat, selain itu jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah maka sudah ada alat khusus untuk membuat jenis martabak mini kesukaan Anda.

resep martabak miniCara membuat martabak mini sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk di lakukan. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah bersama dengan keluarga tercinta. Menikmati masakan martabak buatan sendiri tentu akan menciptakan kesan yang berbeda, terutama untuk anak-anak Anda yang bisa jadi ini menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi mereka. Bahan membuat martabak mini juga relatif mudah di dapatkan di sekitar kita, jadi apalagi yang menghalangi Anda untuk membuat martabak mini di rumah?

Resep Martabak Mini Manis

Salah satu jenis martabak manis yang sangat terkenal adalah martabak Bangka. Terkenal dengan rasanya yang legit, ketebalan yang pas dan aneka toping yang melimpah jumlahnya membuat martabak ini menjadi favorit banyak orang. Untuk Anda yang menderita diabetes bisa memilih toping martabak mini keju. Namun harganya yang mahal membuat tidak semua orang sanggup membelinya. Tapi jangan khawatir, karena Anda bisa membuat martabak mini di rumah. Simak resepnya berikut ini.

Untuk membuat martabak mini manis Anda membutuhkan bahan seperti telur ayam, gula pasir, tepung terigu segitiga, ragi instan dan susu bubuk yang jika tidak tersedia bisa di ganti dengan santan, margarin leleh, baking powder, air dan aneka toping secukupnya. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu campur bahan telur dan gula pasir kemudian mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan tercampur dengan rata. Kemudian Anda masukkan margarin yang telah di lelehkan, lalu masukkan juga ragi instan, susu bubuk dan tepung terigu secara bertahap sambil di aduk agar supaya adonan tidak menggumpal. Lalu tambahkan air hingga memiliki tekstur yang kental namun tidak terlalu encer.

Setelah itu Anda bisa membiarkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga terlihat adonan sedikit mengembang, kemudian baru tambahkan baking powder lalu kembali diamkan selama 10 menit. Sembari menunggu adonan yang di diamkan Anda bisa menyiapkan cetakan yang bisa Anda gunakan seperti cetakan dorayaki untuk membuat martabak mini. Cetakan ini bisa di dapatkan dengan mudah melalui toko online salah satunya adalah di sini.

Segera setelah proses mendiamkan adonan selesai. Anda panaskan cetakan dengan api yang kecil saja, biarkan sesaat kemudian olesi dengan margarin secukupnya. Baru setelah itu Anda bisa menuangkan adonan ke dalam cetakan lalu Anda tekan sedikit di bagian tengah adonan dengan menggunakan sendok penuang adonan agar supaya Anda mendapatkan sisi martabak yang tipis dan kering. Tunggu sesaat hingga kemudian Anda akan melihat gelembung kecil baru setelah itu Anda bisa menutup cetakan dengan tutup kaca yang biasanya di sertakan dalam paket penjualan cetakan martabak mini. Setelah terlihat matang baru Anda angkat kemudian olesi permukaannya dengan margarin baru setelah itu Anda hias dengan aneka toping.

Resep Martabak Mini Telur

Untuk membuat martabak mini telur sendiri di rumah Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Cara membuatnya juga mudah sama seperti martabak manis hanya saja bahannya yang berbeda. Beberapa bahan membuat martabak mini telur yang Anda butuhkan adalah kulit lumpia, telur dengan ukuran yang besar (jika memungkinkan pilih telur bebek), daging yang sudah dicincang, daun bawang, bumbu kari, garam, gula, merica, minyak untuk menggoreng serta margarin. Bahan tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan di sekitar Anda bukan?

Langkah-langkah membuat martabak mini telur adalah sebagai berikut; tumis bumbu kari terlebih dahulu hingga tercium bau harum kemudian masukkan daging yang sudah di cincang ke dalam tumisan, aduk dan beri air sedikit kemudian masak hingga agak kering. Sisihkan. Di tempat yang terpisah Anda bisa mencampurkan telur dan daun bawang kemudian tambahkan tumisan daging yang sudah jadi, kemudian Anda bisa memberikan bumbu perasa seperti garam, gula dan merica, setelah itu aduk dengan rata. Setelah selesai Anda bisa memanaskan minyak dan margarin di sebuah wajan teflon yang permukaannya datar, kemudian letakkan kulit lumpia di atasnya, tuang adonan isi ke bagian tengah kulit lumpia kemudian tutup kulit lumpia seperti cara menutup amplop. Goreng hingga martabak terlihat agak kering.

Untuk Anda yang tertarik untuk membuat martabak mini sendiri di rumah Anda bisa menggunakan cetakan pembuat martabak mini yang kini sudah banyak di jual oleh toko alat dapur baik secara online atau offline. Seperti cetakan martabak mini Happy Call yang memiliki 8 lubang akan menghasilkan martabak mini yang tebal dan besar sehingga memudahkan Anda untuk memberikan toping. Atau khusus untuk Anda yang ingin melakoni usaha kecil-kecilan dengan menjual martabak mini manis bisa menggunakan cetakan dorayaki yang memiliki lubang berjumlah 12 sehingga bisa memberikan hasil martabak dalam jumlah sekaligus. Cetakan ini memang merupakan jenis cetakan yang banyak di gunakan oleh para penjual martabak mini.